Rabu, Oktober 01, 2008

Kerja Sama

Suatu pagi, matahari datang dengan perasaan bosan.

Saya sangat lelah setiap pagi memberikan cahaya kepada bumi, setiap hari, katanya.

Saya lelah membuat jagung menjadi masak dan mencairkan salju. Apa yang dilakukan manusia untukku sebagai balasannya?

Matahari tetap memikirkan semua itu, saat hujan tiba. ‘Nona Hujan!,kata matahari. Kau menyirami bumi setiap saat dan membuat bunga tumbuh. Kau membuat lapangan menjadi hijau dan memenuhi sungai. Apa yang dilakukan manusia untukmu sebagai balasannya?

Mendengar hal ini, hujan mengeluarkan suara yang berisik dan menjatuhkan airnya terlebih dahulu. Dan selagi airnya jatuh, Ia meneriakkan kata – kata ini: Dengar, bumi.Kamu membiarkan manusia bekerja, menelanjangimu, melukaimu, menggoresmu. Apa yang dilakukan manusia untukmu sebagai balasannya?

Bumi berbalik ke alurnya dan berkata kepada biji gandum.’Hei, biji gandum kecil. Kamu membiarkan dirimu sendiri mati agar manusia mendapat makanan. Apa yang dilakukan untukmu sebagai balasannya?

Dan matahari pun berhenti bersinar.
Hujan berhenti turun.
Bumi berhenti menyimpan gandum.
Gandum berhenti tumbuh.
Dan kehidupan pun hilang dari wajah dunia.

Pada suatu saat, matahari menjadi bosan, karena sudah tidak ada lagi anak – anak kecil yang menari di dalam kehangatannya dan terangnya.

Hujan menjadi sedih sudah tidak pernah melihat senyum tukang kebun di kebunnya.

Bumi menjadi jenuh tidak lagi mendengar iringan gembira dari pekerja di sana.

Dan biji gandum mulai menjadi busuk dalam kesunyian.

Bersama, Mereka memutuskan untuk bertemu Tuhan, Sang Pencipta, dan ini harus yang mereka bilang kepada-Nya: Raja, semuanya telah mati di jagad raya yang telah Tuhan ciptakan untuk menjadi baik dan subur, Berikanlah kembali kehidupan di bumi, Kami memohon kepadamu.

Dan Tuhan menjelaskan: ‘Temankku, Aku telah memberikanmu semuanya untuuk melangsungkan kehidupan di bumi. Kehidupan tidak bisa lahir kecuali dari kamu dan diantara kamu. Dan kehidupan akan lahir baru jika diantara kamu bekerja sama dengan alam dengan segala ciptaan. Untuk hidup adalah lahir keluar dari kerja sama dari kehidupan. Dan jika kerja sama ini ditolak; Kehidupan tidak dapat terjadi.

Tidak ada komentar: